Laporan Hasil ILC 2008 Tanggal 7-10 November 2008 di Bali



Luar biasa...!! itu yang bisa saya katakan waktu menghadiri acara ini, Indonesian Linux Conference... pokoke keren. Apalagi gak nyangka bakal dipilih mewakili kota Malang, transportasi dan akomodasi ditanggung lagi.... gratis pokoke rek.
Terlepas dari acara gratisan itu, ternyata yang lebih membuat saya bangga adalah isi dari acara Konferensi ini sendiri, ternyata disini kita bisa curhat mengenai keadaan kita (Komunitas Linux), dan terbentuklah beberapa konsensus yang harus kita jalani dan lakukan untuk tahun depan. Lumayanlah, jadi program kerja KOLAM bisa terbentuk sekarang.
Oh iya, sekalian aja pada konferensi ini kita mendapat dukungan penuh dari Depkominfo dan YPLI sebagai "Bapak"-nya komunitas2 linux di Indonesia. Jadi kita telah tercatat dan diperhatikan lho...
Berikut ini sebagian dari hasil konsensus Konferensi Linux Indonesia yang saya pinjam dari sodara Ibung dari KPLI Palembang (sori nyontek.. trims ya?)

1. Pendidikan dan Sertifikasi (Buku TIK untuk SMA/MA, Linux-OpenSource), BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi) – LSP Telematika:
Target 2009: buku SD/SMP/MI/MTs TIK
KOLAM : SMK- TKJ sudah menggunakan Open Source. Uji kompetensi siswa SMK, jurusan Teknik Komputer dan Jaringan sudah ada kebijakan nasional menggunakan FOSS.
SMK: Lomba TIK: Server dan Networking. Ada SMK yang minta bantuan diajari Linux/FOSS. Bisa menjadi assessor (dari kalangan pendidikan) atau penguji (dari praktisi).
KPLI Palembang: survey ke pendidikan, toko komputer, dan warnet untuk mengetahui “medan perang”.
Usul (KPLI Bali): pemberian penghargaan kepada sekolah atau lembaga lainnya yang telah menggunakan Linux. Sertifikasi Linux untuk guru TIK.
KPLI NTB: Pelatihan TIK untuk guru masih berbasis Windows.
Mamy (KLUWEK: Kelompok LinUx ceWEK): Mohon support agar banyak perempuan yang mau bergabung ke KLUWEK.
KPLI Makassar: siapa kerja sama dengan komunitas lain. TOT -> amunisi makasar kurang SDM
KPLI Maksar kerjasama dengan UnHas membuat Helpdesk dengan kerjasama dengan warnet.
KPLI Kendari (baru 3 bulan berdiri, mohon bantuan kerja sama antar KPLI): Support komunitas keperguruan tinggi, membentuk KSL (Kelompok Studi Linux). Contoh kerja sama antara komunitas: OpenSUSE-ID, KLAS, KOELIT, KOLAG, KPLI Pasuruan, KPLI Sidoarjo, KOLU (UPN). Ada server repo di Surabaya IIX: buaya.klas.or.id dapat diakses dari seluruh internet. Jakarta IIX: kambing.ui.edu, dl2.foss-id.web.id.
KPLI NTB: KSL Bumi Gora Mataram (di-blacklist oleh dosen), tidak diberi kesempatan untuk pelatihan di lab kampus. Menyediakan support instalasi.
KPLI Jogja: Diundang menjadi juri lomba TIK untuk SMK. Ada lomba kompetensi server dan networking.
UGOS (UGM Goes Open Source): KPLI ikut memberi support. Repo Jogja: repo.ugm.ac.id.
KPLI Samarinda -> memiliki hubungan dengan semua kalangan, termasuk didukung oleh dosen. Mendapat dukungan dari PR I yang full migrasi. Kalangan pemerintah, tmen2 komunitas mulai gabung. Membentuk tim Green Design IT. Membuat mirror local di kantor gubernur. Memiliki mirror.unmul.ac.id.
Usul KPLI BATAM: membuat video tutorial.
2. Pemerintahan: Komunitas tiap daerah “mendekati” kantor/dinas/badan terkait TIK.
Kerjasama dengan Depkominfo mengadakan workshop untuk memigrasikan instansi pemerintah pusat dengan harapan dapat turun ke kalangan pemerintah kabupaten. Berharap kegiatan dapat dilakukan didaerah lain.
Kerjasama dengan departemen/kementerian lain seperti Ristek dan Depdiknas.
KPLI BATAM kerja sama dengan Pemkot, termasuk dalam keikutsertaan di ILC 2009.
3. Bisnis: thin client, permintaan SDM profesional, kesulitan support di daerah.
Kendala: sebgaian program kebutuhan industri seperti CAD (ada, terbatas), PLC (ada) yang belum tersedia.
4. Publik (Warnet, IIX, dan sejenis):
Membantu mengisi server-server (repo lokal) dan infrastruktur di tiap daerah.

B. Keorganisasian (25 menit)
1. Komunitas Linux (KPLI dan lain-lain)
KPLI tidak identik dengan pengembang, masih banyak yang pengguna.
Ada standar AD/ART KPLI (Perkumpulan atau Yayasan).
KPLI yang non profit tetap boleh menjalankan kegiatan yang ada uangnya, namun keuntungan tidak boleh dibagikan ke pendiri/pengurus.
2. KPLI Meeting & ILC 2009
KPLI Makassar aka LUGU (Mamy) Tuan Rumah ILC 2009
KPLI Bogor aka GRUB (Utian) Tuan Rumah ILC 2010
Catatan :
KPLI disini Termasuk di dalamnya Komunitas Distro…

Your cOmment"s Here! Hover Your cUrsOr to leave a cOmment.